Ahad 08 Jun 2014 16:32 WIB

Sambut Ramadhan, RZ Ajak Masyarakat Berbagi Senyum

Kampanye Senyum bersama Rumah Zakat
Foto: Istimewa
Kampanye Senyum bersama Rumah Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Senyum merupakan bentuk shadaqah yang paling mudah namun memiliki manfaat yang sangat banyak. Karena itu, menyambut Ramadhan, RZ (Rumah Zakat) mengajak masyarakat untuk berbagi senyum dalam acara Smile Day di Car Free Day (CFD) Dago Bandung, Ahad (8/6). 

Adapun kampanye yang dilakukan antara lain, Long March Berbagi Senyum, Photo Booth Berbagi Senyum, pemberian makanan dan minuman gratis bagi masyarakat yang sudah berdonasi senyum, serta pemeriksaan kesehatan gratis.

“Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa senyummu untuk saudaramu itu adalah shadaqah. Maka kami ingin mengajak masyarakat khususnya umat muslim untuk mulai berbagi dari hal yang paling kecil yakni senyum. Apalagi di bulan Ramadhan setiap amal ibadah yang kita lakukan, pahalanya berkali lipat. Berbagi Senyum saja pahalanya bisa berkali lipat, apalagi kebaikan lainnya,” ungkap CEO RZ, Nur Efendi.

Pada kegiatan Smile Day, RZ meminta masyarakat di CFD Dago untuk mendonasikan senyumnya yang kemudian diabadikan dan disebarkan melalui berbagi media komunikasi. Sifat senyum yang sangat mudah menular diharapkan akan menjadi virus di tengah masyarakat. “Bagi masyarakat yang berdonasi senyum, akan diberikan free snack yang merupakan hasil karya masyarakat yang dibina oleh RZ. Hal ini untuk membuat masyarakat merasakan pengalaman dari sebuah ungkapan yang bunyinya, You Get What You Give,” ungkapnya dalam siaran kepada ROL.

Adapun pemilihan kampanye Berbagi Senyum, menurut Efendi dikarenakan orang zaman sekarang cenderung lupa senyum yang tulus dan makin jarang tersenyum. Rata-rata seorang hanya tersenyum tujuh kali dalam sehari. Tekanan ekonomi, masalah rumah tangga, perubahan gaya hidup, dan banyak lagi penyebab yang membuat orang makin sulit tersenyum. Padahal manfaat senyum sangat banyak. Dengan gerakan ini, RZ ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali tersenyum, sebagaimana citra kita sebagai masyarakat yang ramah.

Setelah Bandung, acara serupa direncanakan akan digelar di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Senyum para partisipan Smile Day akan dikirimkan kepada siswa Sekolah Juara binaan RZ, peserta program kewirausahaan RZ (Senyum Mandiri), peserta program kesehatan RZ (Senyum Sehat), dan program lingkungan hidup RZ (Senyum Lestari) dari berbagai pelosok tanah air.  Peserta program RZ akan membalas kiriman senyum partisipan Smile Day. Dengan demikian akan terjadi interaksi antar pribadi yang diharapkan akan memberi pengalaman emosional sehingga bisa menghasilkan ikatan emosional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement