Jumat 06 Jun 2014 23:51 WIB

Piala Adipura Kencana Diarak Keliling Kota Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
Atrak-arakan Piala Adipura Kencana di Kota Palembang, Kamis (6/6).
Foto: Antara
Atrak-arakan Piala Adipura Kencana di Kota Palembang, Kamis (6/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kota Palembang pada 2014 akhirnya meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana sebagai salah satu kota metropolitan terbersih di Indonesia. Palembang menjadi kota metropolitan pertama di Sumatera yang meraih penghargaan tertinggi tersebut.

Piala Adipura Kencana yang diserahkan Wakil Presiden Budiono kepada Wali Kota Palembang Romi Herton, Kamis (6/6) tiba di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Setibanya di SMB II, Piala Adipura Kencana disambut Wakil Wali  Kota Palembang, Harnojoyo bersama pejabat Pemerintah Kota Palembang. Dengan menggunakan barisan kendaraan roda empat, piala tersebut diarak keliling Kota Palembang, dimulai dari Bandara SMB II berakhir di bawah Jembatan Ampera.

Menurut Wali Kota Romi Herton, diraihnya penghargaan Adipura Kencana menjadi bukti keberhasilan pemerintah kota bersama masyarakat dalam mewujudkan Kota Palembang yang bersih. “Kota Palembang berhasil meraih nilai tertinggi untuk kebersihan lingkungan, juga air dan udara yang penilaiannya dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup.”

Selain Kota Palembang yang meraih penghargaan Adipura Kencana untuk kategori kota metropolitan, di Sumatera Selatan (Sumsel) ada delapan kota lainnya juga berhasil meraih penghargaan Adipura 2014. Untuk kategori kota sedang penghargaan diraih Kota Lubuklinggau dan Lahat.

Untuk kategori kota kecil ada enam kota yan meraih penghargaan Adipura, yaitu Sekayu, Muara Enim, Kayu Agung, Pagaralam, Martapura dan Kota Prabumulih. Bahkan untuk kota Sekayu yang merupakan ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) penghargaan Adipura 2014 merupakan penghargaan ke sepuluh diterima daerah yang kaya sumberdaya alam tersebut.

Menurut Bupati Pahri Azhari, target Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin pada 2014 adalah penghargaan Adipura Kencana, namun belum bisa terwujud. Namun penghargaan Adipura 2014 ini merupakan Adipura ke-10 yang diraih kota Sekayu secara berturut.

Sementara itu di Kota Lubuklinggau, Piala Adipura yang diraih tahun ini tidak diarak keliling kota seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kita sangat  senang meraih kembali penghargaan Adipura tahun ini. Insya Allah tahun depan kita lakukan arak-arakan untuk Piala Adipura Kencana karena yang kita tunggu adalah Adipura Kencana,” SN Prana Putra Sohe, Wali Kota Lubuklinggau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement