Jumat 06 Jun 2014 18:08 WIB

Indonesia Pasar Batu Permata Terbesar Dunia

Permata dan batu mulia/ilustrasi
Foto: wowhuntershall.com
Permata dan batu mulia/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia merupakan pasar batu permata terbesar dunia setelah Cina sekaligus produsen berbagai batu permata terbaik dunia yang potensinya belum tergarap optimal.

"Indonesia ini menjadi pasar batu permata terbesar dunia setelah Tiongkok," kata Asosiasi Pedagang Pasar Jaya Jakarta Gems Center (APPJ-JGC) Zulfikar di Jakarta, Jumat (6/6).

Di Indonesia sendiri berdasarkan survei Indonesian Gemstone di Indonesia terdapat 12 juta pecinta batu permata yang tersebar di seluruh Indonesia. Sayangnya menurut dia industri dan regulasi batu permata di Indonesia belum terbentuk alias belum ada.

"Batu ini industri dunia, kita penghasil batu permata tapi belum membentuk industri itu," katanya.

Ia mencontohkan Thailand, Srilanka, dan Brazil bahkan telah membentuk wadah dan konsep industri batu misalnya di Thailand ada Gems Cooperation. "Di Thailand kalau kita beli batu permata di Gems Cooperation itu keluar kita akan kena pajak," katanya.

Zulfikar mengatakan potensi pasar dan industri batu permata di Indonesia mencapai triliunan rupiah pertahun.

Di APPJ-JGC sendiri omzet penjualan batu permata mencapai miliaran rupiah perhari.

Sayangnya, pendiri Indonesian Gemstone dan pecinta batu mulia Suwandi Gazali mengatakan belum ada keberpihakan pemerintah untuk membentuk pasar batu permata di Tanah Air. "Potensi ekonominya sangat besar tapi masih belum ada regulasi yang jelas," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement