Selasa 03 Jun 2014 19:51 WIB

Bandara Hang Nadim Resmi Beroperasi 24 Jam

Bandara Hang Nadim Batam
Foto: airports-worldwide.com
Bandara Hang Nadim Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan sejak 31 Mei 2014 bandara dengan panjang landas pacu 4,025 kilometer tersebut resmi beroperasi 24 jam.

"Iya, sejak Sabtu (31/5) kami resmi melayani penerbangan 24 jam," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Selasa (3/6).

Ia mengatakan, sebelumnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam hanya beroperasi pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB baik untuk melayani penerbangan domestik ataupun internasional. "Dengan dibukanya 24 jam ini diharapkan banyak maskapai yang akan meminta slot malam. Selama ini yang tertarik terbang malam dari Batam adalah Citilink dan Lion meski sampai saat ini belum ada jadwal pastinya," kata dia.

Ia berharap dengan beroperasi 24 jam akan banyak maskapai terbang malam hari dari Batam baik domestik maupun internasional. "Lion Group juga sudah memastikan akan menjadikan Batam hub internasional pada 2015. Sejumlah penerbangan domestik maupun internasional akan dibuka malam hari," kata Suwarso.

Meski tidak ada jadwal pasti, kata dia, Lion Air juga akan menerbangkan pesawat kosong pada malam hari dari Singapura ke Batam untuk pesawat pengganti jika dibutuhkan. "Pesawat cadangan untuk penerbangan Lion Air dari Singapura ditempatkan di Batam. Selain itu, pesawat-pesawat Lion Air yang akan menjalani perawatan juga diharapkan datang ke Hang Nadim pada malam hari," kata dia.

Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suprasetyo sebelumnya mengatakan Lion Air segera membuka penerbangan langsung Batam-Papua yang akan diberangkatkan pukul 02.00 WIB.

Selain itu, Lion Air yang menjadikan Hang Nadim basis penerbangan wilayah barat juga akan membuka penerbangan langsung ke Bali. "Pengoperasian selama 24 jam juga menyesuaikan pada sejumlah bandara besar lain di Indonesia yang buka 24 jam. Sehingga memungkinkan pesawat akan terbang malam hari dari Batam ke sejumlah bandara yang buka 24 jam tersebut. Bisa juga sebaliknya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement