Ahad 01 Jun 2014 00:34 WIB

Perempuan Masih Lemah dalam Pemanfaatan ICT

Perempuan (ilustrasi)
Foto: AP
Perempuan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Gumelar mengatakan peningkatan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi sangat penting. "Termasuk peningkatan kapasitas perempuan pelaku usaha mikro dan kecil agar mampu bersaing dalam ekonomi global," kata Linda Amalia Sati Gumelar di Jakarta, Sabtu (31/5).

Linda mengatakan, telah banyak negara yang melakukan langkah-langkah nyata untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat terutama perempuan. Namun, lanjut dia, tantangan yang hampir sama pada semua negara adalah masih rendahnya tingkat penggunaan teknologi dan informatika (ICT) oleh perempuan dalam mendukung kegiatan ekonominya.

Linda berharap, penyelenggaraan APEC Women and the Economy Forum (APEC-WEF)?di Beijing pada April 2014 dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit bagi peningkatan kualitas hidup perempuan pada sektor ekonomi. Menurut Linda, strategi pengarusutamaan gender menjadi bagian penting dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan pemerintah, termasuk di bidang pemberdayaan ekonomi perempuan.

Linda juga memamparkan, berbagai capaian yang telah dihasilkan oleh Pemerintah Indonesia salah satunya untuk meningkatkan kualitas perempuan pada sektor ekonomi. Capaian-capaian tersebut, lanjut Linda, dihasilkan oleh berbagai kementerian dan lembaga, yang memiliki komitmen dan perhatian lebih pada pembangunan pemberdayaan perempuan.

Ini adalah hasil kerja sama berbagai pihak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement