Kamis 29 May 2014 00:57 WIB

Surabaya Great Expo 2014 Targetkan Transaksi Rp 4 Miliar

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Suasan di gelaran Surabaya Great Expo
Foto: surabayagreatexpo.com
Suasan di gelaran Surabaya Great Expo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --  Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), mengadakan Surabaya Great Expo (SGE) 2014 dan menargetkan dapat membukukan nilai transaksi sebesar Rp 4 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (disperdagin) Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Surabaya (HJKS).

Ada 162 stan yang mengikuti SGE tahun ini. Tak hanya pelaku usaha dari sektor swasta, instansi pemerintah dan perguruan tinggi juga mengikuti SGE 2014. Misalnya RSUD Bhakti Dharma Husada yang menyediakan layanan cek tekanan darah dan denyut nadi gratis. Informasi jenis pelayanan kesehatan di rumah sakit milik pemkot itu juga bisa diakses di SGE.

Ada pula Dinas Pertanian Kota Surabaya yang memamerkan berbagai hasil pertanian dan perikanan. Di antaranya bandeng asap tanpa duri, otak-otak bandeng, dan jamur tiram.

Selain produk, kata dia, para pengunjung juga bisa mendapatkan informasi mengenai konsep urban farming yang bisa diterapkan secara praktis. Produk UKM binaan Disperdagin Surabaya juga menggelar hasil karyanya. Busana muslim, makanan kemasan, pernak pernik, dan kerajinan menjadi favorit pengunjung SGE.

Setelah puas berbelanja, pengunjung dapat mengakses informasi dan layanan kependudukan. Ini karena, dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) membuka stan verifikasi dan perekaman data e-KTP.

“Jadi di sini (SGE) lengkap, selain belanja produk juga ada beberapa layanan pemerintah kota (Pemkot) Surabaya yang bisa dinikmati warga,” ujarnya saat pembukaan SGE 2014 di Grand City, Kota Surabaya, Rabu (28/5).

Widodo mengatakan, pada penyelenggaraan kali ini pihaknya menargetkan transaksi sebesar Rp 4 miliar. Target tersebut meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp 2 miliar.

“Peningkatan target dikarenakan jumlah peserta juga bertambah. Pada 2013, pameran diikuti sekitar 80 stan,” ujarnya.

Sebagai informasi, sejumlah pemerintah daerah di Indonesia seperti Pemkot Banjarmasin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Jepara turut meramaikan SGE 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement