Senin 24 Jul 2017 18:54 WIB

Surabaya Great Expo Tampilkan Produk Unggulan UKM

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
UMKM
Foto: Antara/Irfan Anshori
UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, memfasilitasi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Pahlawan untuk menampilkan produknya di gelaran Surabaya Great Expo (SGE) pada 30 Agustus - 3 September 2017 mendatang di Grand City Surabaya. Agenda SGE tersebut tahun ini digelar kedelapan kalinya.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih, ajang SGE tahun ini dikemas berbeda. SGE akan menampilkan pameran industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UKM Surabaya. Biasanya SGE selalu digelar pada Mei sebagai bagian acara memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

Namun SGE tahun ini digelar Agustus. Selain memperingati HJKS, SGE 2017 juga untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI.  Arini menyebut, produk-produk yang dipamerkan dalam SGE 2017 lebih berkualitas. Hal itu sesuai dengan pesan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar SGE 2017 menjadi kegiatan spesial.

"Surabaya Great Expo akan menjadi kesempatan besar bagi para pelaku UKM di Kota Surabaya untuk mengenalkan produk-produknya ke pasar yang lebih luas. Apalagi, UKM binaan Pemkot Surabaya yang mendapat kesempatan memamerkan produknya di SGE nanti merupakan UKM-UKM terpilih," kata Arini, Senin (24/7).

Tahun ini, jelas dia, SGE akan diikuti 118 peserta, lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang melibatkan 192 peserta. Selain UKM dari Surabaya, SGE juga diikuti beberapa kota/kabupaten, BUMD/BUMN dan juga produk perbankan. Ia optimistis produk-produk asli UKM Surabaya akan bisa bersaing dengan produk luar kota maupun luar negeri.

"Nanti boleh dibandingkan produk-produk UKM kami dengan produk serbuan dari luar negeri. Saya optimistis, produk-produk UKM kami tidak kalah kualitasnya dengan produk dari luar negeri. Selain produknya berkualitas, UKM tersebut juga kontinyu berproduksi dan punya potensi," jelasnya.

Selama ini, tambahnya, Dinas Perdagangan Kota Surabaya telah berupaya membesarkan UKM setempat mulai dari embrio hingga omzetnya terus membesar. Upaya dilakukan melalui bimbingan pelatihan dan pemasaran. Dinas Perdagangan juga memberikan kemudahan perizinan bagi pelaku UKM.

Termasuk mencari ruang yang bisa digunakan pelaku UKM untuk memamerkan produk-produknya. Saat ini produk-produk UKM Surabaya dijual di beberapa mal seperti City of Tomorrow, Siola, Royal Plaza, ITC, dan sepanjang jalan MERR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement