Rabu 28 May 2014 18:09 WIB

Jakut Bakal Punya Stadion Berstandar Internasional

Rep: c79/ Red: Agung Sasongko
Lapangan Sepakbola (ilustrasi).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Lapangan Sepakbola (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  TANJUNG PRIOK -- Pembangunan stadion berstandar internasional yang berlokasi di Kelurahan Papango, Tanjung Priok, Jakarta Utara mulai dilakukan. Itu ditandai dengan upacara peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada Rabu (28/5).

Jokowi mengatakan, lahan seluas 26,5 hektar yang terletak di dekat Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) ini nantinya juga akan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Menurutnya, RTH yang ada di wilayah Jakarta sampai saat ini masih sangat sedikit, sehingga nantinya stadion ini akan menjadi tempat alternatif bagi masyarakat untuk bermain.

"Stadion ini nantinya juga akan menjadi rumah bagi klub-klub sepakbola di Jakarta, seperti Persija dan Persitara," ujarnya

Tahapan pembangunan stadion ini, lanjut Jokowi, dimulai pada Tahun Anggaran 2014 yang ditandai dengan pematangan lahan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta pada area yang sudah bersertifikat. Pembangunan ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2017.

Secara keseluruhan, anggaran yang diperlukan untuk pembangunan stadion ini adalah sekitar Rp 1,2 trilyun. Kelak, stadion internasional ini akan menjadi landmark Provinsi DKI Jakarta untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat sebagai sarana olahraga dan rekreasi.

"Stadion ini dibangun dekat waduk, jadi nantinya masyarakat bisa sekaligus berwisata," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement