Senin 26 May 2014 16:54 WIB

Induk Anjing Susui Anak Kucing Jadi Tontonan

induk anjing (ilustrasi)
Foto: Fatiha Hansa Aulia
induk anjing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEGARA -- Seekor anjing milik Ketut Suwiyada, warga Desa Yehembang, Kabupaten Jembrana, Bali, menyusui anak kucing sehingga menjadi tontonan warga setempat.

"Saya membawa pulang anak kucing yang berumur satu bulan ini lima hari lalu. Tahu-tahu ia sudah disusui oleh induk anjing ini," kata Suwiyada ditemui di rumahnya, Senin (26/5).

Ia menduga keanehan terhadap dua binatang yang biasanya saling bermusuhan itu karena induk anjing tersebut kehilangan dua anaknya yang mati sekitar satu bulan lalu. Menurut dia, anak kucing tersebut diminta dari tetangganya. Saat dibawa pulang dengan sepeda motor, anjingnya tersebut melompat untuk merebut anak kucing itu.

"Awalnya saya mengira ia hendak menerkam anak kucing ini. Saat saya turunkan, dengan menggunakan mulutnya dibawanya ke teras rumah dan menjilatinya," ujarnya.

Tak lama setelah menjilati anak kucing tersebut, anjing itu langsung menyusuinya dan merawatnya seperti anaknya sendiri. Sehari-hari induk anjing yang diberi nama "Macan" itu selalu mengikuti anak kucing bernama "Manis" tersebut.

"Kalau orang tidak dikenal mendekati anaknya, langsung menggeram atau menggongong layaknya induk anjing yang melindungi anaknya," katanya. Selain menyusu, induk anjing yang ini juga mengajari anak kucing tersebut makan sehingga pemiliknya tidak perlu menyediakan makanan khusus.

Ia mengaku pernah mencoba memisahkan kedua binatang itu, dengan cara membawa anak kucing tersebut ke dalam kamarnya pada malam hari.

"Induk anjing terus menggaruk-garuk pintu kamar setelah si manis saya keluarkan, mereka langsung tidur bersama di luar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement