Senin 19 May 2014 09:57 WIB

KPU: Siang Ini PDIP Daftarkan Bacapresnya

Rep: Ira Sasmita / Red: Citra Listya Rini
KPU
KPU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan, pukul 13.30 WIB Senin (19/5) ini KPU akan menerima pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dari PDI Perjuangan. 

"Jadi ada kominikasi dengan LO (liason officer) PDIP. Mereka berencana mendatar ke sini pukul 13.30 WIB," kata Hadar di kantor KPU, Jakarta, Senin (19/5).

Setelah melakukan pendaftaran, menurut Hadar, mekanisme selanjutnya yang akan diikuti bacapres adalah pemeriksaan kesehatan. Tahapan ini dijadwalkan satu hari setelah bacapres mendaftar di KPU.

"Pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Bacapres dan bacawapres harus berpuasa dulu mulai pukul 20.00 WIB, untuk mengikuti tes kesehatan pukul 06.30 WIB pada hari berikutnya," ujar Hadar.

Pada saat bersamaan, secara paralel, KPU juga akan melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen yang diserahkan bacapres dan pasangannya sebagai syarat pendaftara. Paling lama empat hari, atau pada 24 Mei, hasil verifikasi sudah diserahkan KPU kepada masing-masing pasangan calon.

Jika ditemui kekurangan atau kesalahan administrasi, setiap pasanganbacapres diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan selama tiga hari.Kesempatan perbaikan hanya diberikan sebanyak satu kali. Setelah itu, KPU akan kembali melakukan verifikasi pada 26-29 Mei 2014. 

"Setelah diverifikasi, akan kami tetapkan pasangan capres dan cawapres pada 1 Mei. Lalu 1 Juni kami akan tetapkan nomor urut pasangan capres tersebut," jelas Hadar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement