Ahad 18 May 2014 17:12 WIB

Gubernur: Proyek Jembatan Sungai Musi IV dan Musi VI Tunjang Asian Games XVIII

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
Alex Noerdin
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan, Alex Nordin optimistis jika jembatan Musi IV dan Musi VI bisa selesai tepat waktu ini akan menunjang infrastruktur dan sarana transportasi. Tak hanya itu,  proyek ini juga akan menunjang pelaksanaan Asian Games 2019.

“Saya sudah sampaikan Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah pelaksana Asian Games XVIII pada 2019,” kata Alex Noerdin, Ahad (18/5).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Sumatera Selatan Rizal Abdullah menjelaskan, pembangunan jembatan Musi IV dan Musi VI akan segera direalisasikan. Jembatan Musi IV akan dibangun sepanjang 2.200 meter dengan lebar 7 meter dan memiliki dua jalur.

“Untuk jembatan Musi IV kawasan yang akan dilalui jalan Perintis Kemerdekaan melalui Perkantoran Dinas PU Kota Palembang, kawasan 14 Ulu, Jalan Jaya Indah dan berakhir di Jalan A Yani Plaju.  Selama ini masyarakat dari jalan Perintis Kemerdekaan ingin ke Jalan A Yani harus menempuh jarak enam kilometer dengan adanya jembatan ini akan menjadi dua kilometer,” kata Rizal Abdullah.

Sumber dana pembangunan jembatan ini berasal dari APBN sebesar Rp200 miliar. Sebelum pembangunan telah dilakukan feasibility study (FS), Amdal, dokumen perencanaan pengadaan tanah, detail engineering design (DED) dan rencana pembebasan lahan.

“Setelah pembangunan Musi IV dimulai, pemerintah akan memulai pembangunan Jembatan Musi VI. Jembatan ini juga memilik panjang 2.000 meter dengan anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi Sumsel. Kita rencanakan pada 2017 kedua jembatan ini selesai pembangunannya,” kata Rizal Abdullah.

Untuk jembatan Musi VI kawasan yang dilalui jalan Sultan Masnyur, Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Jalan Faqih Usman sekitar Kelurahan 2 dan 4 Ulu, dan Jalan Wahid Hasyim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement