Sabtu 17 May 2014 07:09 WIB

Kisah JK dan Hadis Dhaif

Jusuf Kalla
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan wapres RI Jusuf Kalla punya cerita menarik tentang satu hadis yang disebutnya dhaif. Alkisah, JK, demikian pria itu biasa disapa, diundang datang ke suatu acara tabligh akbar di Klaten, Jawa Tengah, oleh Hidayat Nur Wahid.

Saat itu dia mendengarkan ceramah dari seorang ustad di sana. Yang membuatnya terperanjat, ketika itu ustad tersebut menyitir hadis yang mengatakan bahwa pasar adalah tempat yang dibenci oleh Rasulullah.

Ketika tiba giliran JK memberikan sambutan, sontak dia merespons kata-kata ustad itu. ''Saya langsung bilang, itu hadis dhaif,'' ujar JK yang ditemui saat acara Milad ke-14 ESQ, Jumat (16/5).

Menurut dia, tidak mungkin ada hadis seperti itu karena sahabat Nabi seperti Abu Bakar dan Usman justru sering berada di pasar.

''Bahaya menyitir hadis seperti itu. Maka, saya bilang saja itu hadis dhaif. Padahal, saya juga belum tahu pasti. Jangan-jangan saya salah,'' kata JK yang langsung disambut tawa oleh peserta yang hadir.

Untuk memastikannya, JK pun menanyakan hal tersebut pada Quraish Shihab. Sang ulama membenarkan pernyataan JK. ''Menurut Quraish, hadis itu harus logis. Jika tidak logis, maka hadis itu dhaif,'' lanjut pria yang baru saja berulang tahun ke-72 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement