Ahad 11 May 2014 15:00 WIB

Bogor Sabet Juara Pertama TTG Jabar

Rep: c65/ Red: Maman Sudiaman
Charger power bank tenaga surya (ilustrasi)
Foto: Priyantono Oemar/Republika
Charger power bank tenaga surya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim dari Bogor berhasil meraih juara pertama dalam acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Jawa Barat ke IV. Hasil karya inovasi charger power bank tenaga surya  menjadikan Bogor sebagai wakil Jabar pada ajang TTG di tingkat nasional.

Menurut Dede Rusdia, kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, TTG Tingkat Nasional sedianya digelar di Samarinda pada Juni 2014. "Mereka (para juara) akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional tanggal18 hingga 24 Juni ini," ungkap Dede kepada ROL, Ahad  (11/5).

Dikatakan Dede, tidak hanya Bogor yang akan mewakili Jabar di TTG Nasional di Samarinda. Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi yang merupakan juara dua dan tiga, juga akan mengikuti TTG tingkat nasional tersebut. "Ketiga juara akan kami bawa ke Samarinda," kata dia.

Dede menjelaskan, TTG diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB). TTG merupakan program nasional yang dimulai sejak dari lingkup terkecil, yakni dari TTG tingkat RT dan RW, Kelurahan, Kabupaten dan Kota. Setelah mendapatkan yang terbaik di tingkat kabupaten/ Kota, Dede mengatakan pemenang tersebut maju ke tahap Provinsi untuk selanjutnya berkompetisi di tingkat nasional.

Karya TTG dari berbagai Kabupaten dan Kota di Jawa Barat dipamerkan di dalam Stadion Banteng, Lembang. Selama empat hari, sejak tanggal 8 hingga 11 Mei 2014 seluruh kalangan masyarakat dapat melihat lokakarya tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement