Ahad 11 May 2014 14:51 WIB

Inilah Penyebab APK Rendah di Kabupaten Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Maman Sudiaman
Guru di daerah terpencil. (ilustrasi)
Foto: www.komhukum.com
Guru di daerah terpencil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Iwan Ridwan mengungkapkan,  ada sejumlah faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan APK di Sukabumi. Di antaranya masalah geografis, ekonomi, sosial, dan faktor adat atau tradisi.

‘’Faktor terberat adalah faktor geografis Kabupaten Sukabumi yang belum ditunjang infrastruktur jalan yang memadai,’’ terang Iwan.

Dia lantas mencontohkan,  banyak warga dari daerah pelosok yang jangkauan jarak perjalanan ke sekolah harus menempuh perjalanan cukup jauh. Akibatnya, ada warga usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan karena terkendala ongkos transportasi yang mahal.Oleh karena itu kata Iwan, ke depan diperlukan kebersamaan sejumlah elemen untuk membangun dunia pendidikan. Di antaranya pemerintah daerah, lembaga DPRD, Dewan Pendidikan, serta seluruh komponen masyarakat lainnya.

Salah satu solusi misalnya dengan membangun sekolah satu atap.Terkait faktor sosial budaya masyarakat, lanjut Iwan, perlu dibuat kebijakan yang memunculkan persepsi masyarakat. Di mana, anak lulus SD itu pendidikannya belum selesai, akan tetapi minimal harus sampai lulus SMP atau SMA.Selain masalah pendidikan umum kata Iwan, di sekolah juga harus diberikan pendidikan agama yang cukup. Hal ini akan memberikan bekal bagi para siswa agar mempunyai perilaku dan akhlak yang baik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement