Sabtu 10 May 2014 21:48 WIB

Lima Siswa Kota Bogor Ikuti OSN 2014

Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Foto: blogibnuseru.blogspot.com
Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak lima orang siswa SMP terpilih mewakili Kota Bogor untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 yang akan dilangsungkan di Kota Padang, Sumatera Barat, 15 hingga 21 Mei.

Keberangkatan siswa pilihan itu dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman di Plaza Balai Kota Bogor, Sabtu.

Sebelum mengikuti OSN tingkat nasional di Padang, lima siswa ini diberi pembengkalan oleh pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, selama lima hari di Bandung.

"Ini merupakan kebanggaan bagi Kota Bogor, setiap tahun siswa kita lolos untuk mengikuti OSN tingkat nasional. Ini prestasi yang perlu kita apresiasi," ujar Usmar.

Usmar mengatakan, dalam kegiatan OSN ini, para siswa tidak hanya semata-mata mendapatkan dites secara normatif apa yang telah dipelajari. Tetapi juga pengetahuan di luar pelajaran itu yang akan diujicobakan yang menuntut peserta untuk berpikir lebih kreatif dan lebih inovatif.

Menurut Usmar, para siswa harus mendapatkan pembekalan dan bimbingan yang cukup, mulai dari persiapan menghadapi olimpiade hingga pembekalan fisik dan psikis agar siswa memiliki mental dan kesehatan yang memadai saat bertanding nanti.

"Harapan kita mudah-mudahan anak-anak ini bisa tetap berprestasi, bisa tetap menjaga kesehatan, karena perjalanan ini cukup panjang. Pembekalan harus dilakukan secara bersama-sama, hingga berangkat nanti ke Padang," ujar Usmar.

Usmar mengaku bangga atas prestasi generasi muda Kota Bogor mengharumkan nama daerah dalam olimpiade sains nasional. Menurutnya, para generasi muda tersebut nantinya berpotensi menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Usmar mengatakan, dasar-dasar prestasi yang diraih oleh anak-anak harus menjadi modal dasar dan menjadi motivasi bagi sekolah untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikannya secara terus menerus. Terutama dilihat dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini yang menuntut sekolah harus terus mengimbanginya.

"Ini menjadi kebanggaan bagi sekolah masing-masing, dan tentunya Kota Bogor. Begitu juga para orang tua yang berperan membimbing anak-anaknya menjadi berprestasi," ujar Usmar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Elok Tri K menyebutkan, lima siswa yang mewakili Kota Bogor mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2014 ini berasal dari SMPN 1, SMPN 4, SMPN 5 dan SMPN 6.

Menurut Elok, terpilihnya lima siswa tersebut mewakili Kota Bogor dalam Olimpiade Sains Nasional 2014 di Padang, setelah mengikuti seleksi berjenjang mulai dari OSN tingkat Kota dan tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Kelima siswa ini akan mengikuti pembekalan di tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan selama lima hari (10-15 Mei). Setelah itu mereka akan diberangkatkan ke Padang untuk bertanding secara nasional," ujarnya.

Elok optimistis seluruh siswa mampu bersaing dengan siswa berprestasi lainnya dari sejumlah wilayah Indonesia dan pulang membawa piala untuk Kota Bogor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement