Rabu 07 May 2014 14:28 WIB

Jiwa Wirausaha Harus Ditumbuhkan pada Mahasiswa

Hatta Rajasa
Foto: Republika/Adjie Sambogor
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian M Hatta Rajasa mengatakan, jiwa wirausaha harus ditumbuhkan kepada para mahasiswa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Perlu ditanamkannya jiwa kewirausahaan itu karena sekarang ini jumlahnya masih sedikit, sehingga perlu terus dikembangkan, kata Hatta Rajasa dalam arahannya pada acara sosialisasi kebijakan program pengembangan kewirausahawan nasionaol di Universitas Sriwijaya Palembang, Rabu (7/5).

Dikatakannya, dengan adanya jiwa kewiausahawan maka nantinya para mahasiswa dapat meningkatkan daya saing sebagai peluang dalam meningkatkan perekonomian daerah dan nasional.

Apalagi melihat kondisi perekonomian sekarang ini dimana sumber daya alam yang ada belum dikelolah secara maksimal. Seharusnya sumber daya alam yang ada perlu dikelola lagi menjadi industri hilir sehingga perekonomian semakin meningkat.

Namun, kesemua itu memerlukan wirausaha dan kuncinya dari mahasiswa itu sendiri, katanya. Ia mengatakan, sehubungan itu melalui sosialisasi yang dilaksanakan sekarang ini diharapkan akan tumbuh sejumlah wirausahawan muda.

Selain itu pihaknya sekarang ini akan mengutamakan program hilirisasi sumber daya alam yang ada. Pihaknya sudah melarang pengiriman barang setengah jadi ke luar negeri agar wirausahawan terus berkembang.

Ia berharap, para mahasiswa dapat menjadi wirausahawan muda, sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement