Rabu 07 May 2014 10:00 WIB

Pertura Jatim Lolos Seleksi Nasional

Logo Kemenkominfo
Foto: wordpress.com
Logo Kemenkominfo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kelompok Pertunjukan Rakyat (Pertura) Jawa Timur lolos dalam seleksi sembilan besar Pertura se-Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

Henri Nurcahyo, salah satu tim publikasi Pertura Jatim di Surabaya, Rabu menjelaskan pihaknya berhak mengikuti Festival Pertura tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat, 24-25 Mei 2014.

"Dalam festival tahunan ini, dimulai dari seleksi melalui rekaman video yang kali ini diikuti oleh 18 provinsi. Kemudian dari jumlah itu dipilih sembilan peserta yang berhak mengikuti festival tingkat nasional di Padang," katanya.

Menurut Henri, dari sembilan peserta itulah yang nantinya akan dinilai secara langsung dalam pentas di atas panggung GOR Agus Salim Kota Padang untuk dipilih juaranya.

Sembilan provinsi yang terpilih berdasarkan rekaman video itu adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Papua.

"Sebelumnya, masing-masing provinsi menyelenggarakan seleksi hingga ditemukan beberapa penampilan terbaik. Kebijakan yang dipilih oleh Dinas Kominfo Jatim adalah, membuat kelompok baru dengan memberdayakan sebagian pemain dari grup terbaik itu," kata Henri.

Maka jadilah sebuah grup bentukan baru dengan lakon yang baru pula. Sesuai dengan aturan panitia pusat, calon peserta festival Pertura tingkat nasional harus mengirimkan rekaman videonya untuk diseleksi awal.

Grup Pertura Jawa Timur menampilkan seni pertunjukan rakyat dengan lakon "Asmara Sumo Gambar" yang disutradarai Bambang SP. Grup ini didukung oleh pemain dan pemusik terdiri dari S. Djianto (Lamongan), Yuli (Kediri), Ratih Kumala Dewi (Bangkalan), Cahyono (Sidoarjo), Rizky (Bojonegoro), Ganefowati (Kediri), Ketut Santoso (Surabaya) dan Totok S (Bangkalan).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement