Sabtu 03 May 2014 21:03 WIB

Kelulusan UN Diumumkan di Pantai

Sejumlah kendaraan melintas di depan mural bertuliskan
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah kendaraan melintas di depan mural bertuliskan "Luluskan 2014 100% Tuhan" di Jalan TB Simatupang, Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menginginkan hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA atau sederajat diumumkan di pinggir pantai dalam suasana santai dan gembira.

"Saya minta kalau bisa pengumuman kelulusan dilaksanakan di objek wisata pantai Arung Dalam (Ardal) Kota Koba," kata Erzaldi di Koba, Sabtu (3/5). 

Ia menjelaskan, sesuai jadwal yang diterima bahwa kelulusan UN tingkat SMA dan sederajat akan diumumkan secara serentak pada 20 Mei 2014.

"Cara mengumumkannya tentu diserahkan ke daerah masing-masing, maka saya sarankan dikumpulkan siswa di pinggir pantai sambil santai dan langsung mengumumkan kelulusan UN untuk menghindari konvoi di jalan raya," ujarnya.

Menurut dia, kelulusan UN diumumkan di lokasi objek wisata untuk menghindari suasana tegang dan cemas menunggu hasil. Siswa juga tidak terlalu terpukul jika ada yang tidak lulus.

"Namun kami mengharapkan semua siswa yang mengikuti UN bisa lulus, karena hasil UN juga bagian tolok ukur keberhasilan dunia pendidikan," katanya.
Kepala Bidang Dikmen pada Dinas Pendidikan Bangka Tengah Paizal mengatakan, sistem pengumuman tidak jauh berbeda dengan kelulusan UN tahun-tahun sebelumnya.

"Tetapi kalau kepala daerah meminta diumumkan di satu tempat, maka ini tentu perlu ditindak lanjuti atau setidaknya teknis pengumuman harus dipersiapkan dari sekarang," ujarnya.
Ia juga mengimbau kepada siswa yang lulus UN tidak berlebihan mengekspresikan kegembiraannya seperti corat-coret pakaian seragam dan konvoi-konvoi sepeda motor di jalan raya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement