Sabtu 03 May 2014 10:30 WIB

Tokoh PKB Temani Kunjungan Jokowi ke Tokoh Muhammadiyah

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Wihdan/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua DPP PKB, Marwan Jafar ikut mendampingi calon presiden (capres) PDIP, Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi ke sejumlah tokoh ulama Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Marwan sudah terlihat menemani Jokowi sejak Jokowi berangkat dari Bandahara Halim Perdanakusumah menuju Yogyakarta. Kehadiran Marwan tentu menimbulkan tanda tanya di kalangan awak media yang bertugas meliput perjalanan Jokowi.

"Wah jangan-jangan PKB sudah koalisi dengan PDIP," kata salah seorang wartawan.

Marwan sendiri tidak berkomentar banyak saat ditanya soal kepastian PKB berkoalisi dengan PDIP. Namun dari jawaban yang diberikan mengisyaratkan koalisi PKB dan PDIP tinggal menunggu waktu deklarasi. 

Jokowi sendiri dijadwalkan mengisi libur akhir pekan dengan bersilaturrahmi ke sejumlah tokoh alim ulama Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Tokoh pertama yang akan disambangi Jokowi adalah sesepuh Muhammadiyah Syafi'i Ma'arif. Jokowi dijadwalkan bertemu Syafi'i di Yogyakarta, Sabtu (3/5).

Dari pertemuan dengan Syafi'i, Jokowi selanjutnya akan berkejung ke Museum Taman Siswa. Di tempat ini sedianya dia akan memberikan pernyataan politik kepada para wartawan.

Usai dari Taman Siswa Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur. Tepatnya Kota Surabaya. Di kota pahlawan ini Jokowi dijadwalkan menggelar makan siang bersama dengan tokoh muslimat NU, Khofifah Indarparawansah.

Dari kediamana Khofifah, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Pacul Gowang asuhan K.H. Anwar Mansur di Jombang. K.H. Anwar merupakan salah satu guru dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Usai dari Jombang Jokowi melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Tebu Ireng. Di sini Jokowi akan bertemu dengan Sholahudin Wahid dan berziarah ke makam Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Masih di hari yang sama, Jokowi selanjutkan mengunjungi Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyah di Tambak Beras, Jombang. Di sini dia akan bertemu dengan Hajah Mahfudhoh Ali Ubaid dan KH Hasib Wahab Hasbullah.

Dari Jombang Jokowi akan kembali ke Surabaya. Dia jadwalkan akan bertemu dengan sejumlah pengurus DPD dan kepala daerah PDIP di Jawa Timur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement