Sabtu 03 May 2014 03:45 WIB

Kampung Budaya Karawang Beroperasi Agustus

Rep: lilis handayani/ Red: Taufik Rachman
Karawang
Foto: blogspot.com
Karawang

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, Jawa Barat, targetkan Kampung Budaya, yang terletak di Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Barat, dibuka untuk umum Agustus mendatang. Pasalnya, proyek pembangunan itu tinggal menyisakan 7.000 meter lagi. Dengan kata lain, sudah 93 persen selesai dibangun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, Dadan Sugardan, mengatakan, luas lahan untuk Kampung Budaya ini mencapai 10 hektare. Kini, pembangunanya menyisakan 7.000 meter lagi. Pihaknya terus menggenjot supaya pembangunan ini selesai sampai akhir Juli. Sehingga, awal Agustus mendapat bisa dibuka untuk umum.

"Kampung Budaya ini, bisa jadi jendela wisata bagi pengunjung lokal dan turis mancanegara," ujarnya, Jumat (2/5).

Dadan mengaku, proyek pembangunan ini menelan anggaran lebih dari Rp 40 miliar. Pembangunan ini, direalisasikan sejak 2010 lalu. Dengan begitu, masa pembangunannya sudah memasuki tahun keempat.

Terkait dengan luas tanah sisa yang belum terbangun itu, Dadan mengaku, berdasarkan site plane-nya diperuntukkan bagi kolam renang. Meski belum rampung, hingga kini pengerjaan terus dilakukan. Sementara titik pengerjaan proyek sekarang ini sudah mencapai titik gerbang sebelah timur Kampung Budaya tersebut.

Selain menyelesaikan sisa lahan, pihaknya juga akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Anggaran itu, diperuntukan bagi infrastruktur jalan. Rencananya, akses jalan penghubung akan menggunakan konstruksi cor supaya tahan lama.

Kampung Budaya diharapkan akan mengangkat kembali kesenian. Baik kesenian tradisional maupun modern. Sehingga, seniman yang ada di Karawang ini akan diberdayakan dengan menggelar pentas seni di Kampung Budaya.

Dengan kata lain, Kampung Budaya ini akan jadi wahana rekreasi yang berbasis kesenian. Sehingga, siapapun bisa masuk ke wahana ini. Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan penginapan yang mengusung rumah adat Sunda. Serta, menyediakan tempat-tempat kuliner.

"Jadi, pengunjung akan dimanjakan. Mereka, bisa menginap sekaligus menikmati kuliner khas Karawang, Jawa Barat dan Indonesia," ujarnya.

Menurut Dadang, lokasi Kampung Budaya berada di jalur intercange Tol Karawang Barat. Lokasi ini, diyakini sangat cocok. Sebab, berdasarkan hasil uji kelayakan melalui riset, bahwa yang melintas kawasan itu mayoritas bukanlah warga Karawang.

Fasilitas yang ada di Kampung Budaya ini, yakni, gedung serba guna, restauran, masjid, pusat informasi, saung kecil, gedung teater terbuka, gedung aula, outlet, rumah seni jaipong, rumah seni wayang, rumah seni topeng, toilet pengunjung, balong, gazebo. Kemudian, akan diperluas lagi dengan pembangunan kolam pemancingan ikan, kolam renang, serta wahana outbond.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement