Jumat 02 May 2014 15:52 WIB

Pos Pengamatan Gunung Slamet Berubah Jadi 'Objek Wisata'

Lereng Gunung Slamet.
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Lereng Gunung Slamet.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet di Desa Gambuhan, Kabupaten Pemalang, menjadi 'objek wisata' baru bagi masyarakat yang ingin melihat aktivitas Gunung Slamet melalui teropong pengamat yang tersedia di tempat itu.

"Ratusan warga yang datang ke pos pengamat, selain ingin tahu perubahan dan perkembangannya (Gunung Slamet), mereka juga berwisata gunung api," kata petugas Pos PGA Slamet, Sukedi, saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, masyarakat ingin tahu dampak-dampak dari gunung api terhadap kehidupan. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui bagaimana sifat Gunung Slamet sehingga mereka tidak akan terlalu khawatir jika gunung tertinggi di Jawa Tengah itu mengalami erupsi.

"Gunung api itu jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, sisi positifnya juga harus dilihat," katanya.

Masyarakat yang mendatangi Pos PGA Slamet tidak hanya dari Kabupaten Pemalang. Tetapi, mereka juga datang dari wilayah lain di sekitar Gunung Slamet.

"Gunung Slamet meliputi lima kabupaten, yakni Pemalang, Tegal, Brebes, Banyumas, dan Purbalingga,'' kata Sukedi.

''Kebetulan pos pengamatannya hanya ada satu, yakni di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Pemalang,'' katanya. ''Sehingga, mereka banyak yang datang ke sini.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement