Jumat 02 May 2014 13:32 WIB

Gita: Pendidikan PR Utama Pemerintah Mendatang

Gita Wirjawan
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Barindo Gita Wirjawan menilai besarnya alokasi APBN untuk sektor pendidikan masih banyak menyimpan masalah, terkait pengelolaan dan alokasinya.

"Ini salah satu PR utama yang harus dijawab oleh pemerintahan mendatang," ujar Gita dalam refleksi Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2014.

Menurut Gita, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar dari manusia. "Dalam konteks tantangan bangsa hari ini, pendidikan kita belum sepenuhnya mampu menjadi medium proses pemanusiaan manusia," tuturnya.

Ia menilai arah pendidikan Indonesia lebih bersifat instrumental, sehingga seringkali gagap menghadapi perubahan-perubahan yang drastis. Menurut mantan menteri perdagangan ini visi dan desain pendidikan bangsa harus mencerminkan postur geoekonomi-politik Indonesia yang kian meningkat di Asia bahkan dunia.

"Kita jangan sampai membiarkan Kementerian Pendidikan beserta lembaga -lembaga terkait hanyut dalam kelambanan birokrasi dan terjebak pengelolaan yang jauh dari profesionalisme," tegasnya.

Persaingan sumber daya manusia di era global ini, menurut Calon Presiden Konvensi Partai Demokrat ini, harus dijawab secara cepat dan tepat oleh pemerintah. Jika tidak, kita akan jadi buruh bahkan penonton di rumah sendiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement