Rabu 30 Apr 2014 15:19 WIB

Kodam IV Siapkan Personil Sikapi Merapi dan Slamet

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Joko Sadewo
Gunung Slamet
Foto: yangkautau.blogspot.com
Gunung Slamet

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG —- Menyikapi peningkatan status dua gunung berapi di Jawa Tengah, Kodam IV/Diponegoro, menginstruksikan jajarannya untuk siaga bencana.

 

Seluruh personel Kodam IV/Diponegoro yang disiapkan untuk pengamanan pemilu, diinstruksikan untuk mengantisipasi kesiapan penanganan bencana alam. 

 

Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo mengatakan, Gunung Merapi memasuki status waspada per 30 April 2014. Pada saat yang hampir sama, aktivitas vulkanis Gunung Slamet juga menunjukkan peningkatan hingga berstatus waspada.

 

Untuk mengantisipasi darurat bencana gunung berapi, Kodam IV/Diponegoro menyiagakan personil yang sewaktu- waktu siap diturunkan. “Termasuk personil yang telah dipersiapkan untuk pengamanan pemilu 20014,” kata Sunindyo, di sela kunjungan ke Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro, Rabu (30/4).

Menurut Sunindyo, Kondisi dua gunung berapi yang tengah aktif di Jawa Tengah ini harus segera diantisipasi dengan kesiapan personil untuk membantu proses penanganan bencana.

 

Ia menambahkan, saat ini anggotanya sudah siaga dan selalau koordinasi memberikan kabar kondisi terkini dari dua gunung berapi tersebut. Danramil, Babinsa sampai dengan Dandim dan Danrem sudah siap. Setiap hari juga berkoordinasi serta memonitor situasi.

 

Bahkan setiap pukul 04.00 WIB komandan satuan ini aktif mengirim perkembangan aktivitas terkini kedua gunung berapi ini. “Apapun kondisi dan perkembangan situasi aktivitas kedua gunung ini, kita juga selalu dilaporin,” tegas Pangdam.

 

Monitoring ini, lanjutnya, juga didukung oleh kesiapan personil Kodam IV/Diponegoro. “Mereka sudah siap. silahkan dicek ranselnya,” tambah Pangdam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement