Selasa 29 Apr 2014 13:52 WIB

Wow, Tiket Kereta di Hari Pertama Lebaran Sudah Ludes

Antrean tiket kereta jelang lebaran.
Foto: Rossa Panggabean/Antara
Antrean tiket kereta jelang lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO-- Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono mengatakan bahwa tiket KA dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya untuk keberangkatan hari pertama lebaran (28/7) habis terjual.

"Bahkan, tiket mudik untuk daerah-daerah tujuan tersebut habis untuk keberangkatan H-6 (22/7) hingga H1 (hari pertama lebaran, red.), baik untuk kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi," katanya, di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Menurut dia, tiket mudik dari Jakarta yang masih tersedia untuk keberangkatan H-10 (18/7) hingga H-7 lebaran (21/7). Sementara untuk KA ekonomi bersubsidi (public service obligations-PSO), kata dia, tinggal menyisakan KA Serayu jurusan Jakarta-Bandung-Purwokerto untuk keberangkatan H-10 hingga H-8 lebaran.

Ia mengatakan bahwa tiket mudik dari Bandung ke arah timur yang sudah habis terjual, yakni keberangkatan H-3 dan H-2 untuk KA komersial serta keberangkatan H-6 hingga H1 lebaran untuk tiket KA ekonomi bersubsidi.

"Keberangkatan H-1 dari Bandung masih tersisa sekitar 40-an tiket untuk KA Turangga, sedangkan KA yang lain habis," katanya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa penjualan tiket KA untuk perjalanan arus balik pascalebaran untuk keberangkatan H+1 lebaran (30/7) akan dibuka pada Kamis (1/5), pukul 00.00 WIB, secara "online". Menurut dia, pembelian tiket arus balik lebaran ini bisa diakses melalui kanal-kanal penjualan tiket eksternal, internet, jaringan "payment point", serta aplikasi "ticketing" pada telepon pintar seperti Blackberry dan Android.

"Tiket arus balik lebaran yang disediakan untuk KA reguler mulai H+1 lebaran sejumlah 10.380 lembar tiket tujuan Jakarta, 5.630 lembar tiket tujuan Bandung, dan 3.610 lembar tiket tujuan Surabaya setiap harinya. Penjualan ini masih untuk KA reguler, KA Tambahan Lebaran belum dikeluarkan," katanya.

Ia mengatakan bahwa tiket tujuan Jakarta tersebut terdiri 7.100 tiket KA komersial (eksekutif, bisnis, dan ekonomi komersial) serta 3.280 tiket KA ekonomi bersubsidi. Sementara tiket tujuan Bandung, kata dia, terdiri 2.450 tiket KA komersial dan 3.180 tiket KA ekonomi bersubsidi, sedangkan tujuan Surabaya terdiri 1.390 tiket KA komersial dan 2.220 tiket KA ekonomi bersubsidi.

"Guna meningkatkan pelayanan dan mempercepat proses pemesanan tiket melalui internet, mulai Selasa ini PT KAI meningktkan kapasitas 'bandwidth' laman http://www.kereta-api.co.id dari 80 megabytes (MB) menjadi 120 MB," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement