Jumat 25 Apr 2014 16:13 WIB

Enam Penari akan Menari 24 Jam di Solo

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Joko Sadewo
Penari Bali.    (ilustrasi)
Foto: Antara
Penari Bali. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam rangka memperingati Hari Tari se-Dunia, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar kegiatan menari dalam durasi 24 jam nonstop. Peringatan World Dance Day 2014 ini bertajuk 'Suara Tubuh Membuka Hati', berlangsung di Kampus ISI, 29 – 30 April 2014.

''PerayaanWorld Dance Day merupakan pelaksanaan yang ke- 8. Kami siap menggelar tari selama 24 jam non stop,” tutur Dwi Wahyudiarto, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Tari se-Dunia, Jumat (25/4).

Menurut Dwi, World Dance Day akan dilaksanakan dengan durasi 24 jam melakukan tarian mulai 29 April pukul 06.00 WIB hingga 30 April pukul 06.00 WIB. Rencananya, acara ini akan dibuka Rektor ISI Solo Sri Rochana Widyastutieningrum, dengan ditandai pengalungan sampur di Kampus ISI Solo.

Venue pertunjukkan dilaksanakan di halaman rektorat, Teater gedung F, Teater Gendon Humardani, Pendapa Ageng, Teater Kapal dan Teater Besar di Kampus ISI Solo.

Selain itu, World Dance Day ke-8 juga menggelar tari di ruang publik, seperti tahun sebelumnya. Di antaranya, di Jl Jenderal Sudirman, Solo Paragon Mall, Solo Grand Mall, Solo Square Mall dan Bandara Adi Sumarmo, the Park Mall dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Solo.

Seperti diektahui enam orang penari yang berasal dari dalam dan luar negeri, siap menari 24 jam dalam acara bertajuk Solo 24 Jam Menari sebagai perayaan peringatan World Dance Day 2014. Keenam orang tersebut, Daryono S.Kar dari ISI Solo, Darmawan Dadijono dari ISI Yogyakarta, Riyanto dari Jepang, Lyn Hanis dari Singapura, Noorhanizah Adam dari Singapura, dan Sekar Alit dari ISI Solo.

Daryono, mengaku tidak ada persiapan khusus untuk melakukan tari 24 jam. ''Tidak ada persiapan khusus. Hanya persiapan mental saja yang dibutuhkan.'' katanya.

Dwi mengatakan, persiapan peringatan World Dance Day 2014 sudah selesai 80%. ''Sudah siap sekitar 80%, yang 20% masih kami kerjakan. Sehingga kemungkinan bisa selesai pada 28 April besok''. n edy setiyoko

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement