Selasa 22 Apr 2014 12:39 WIB

'Indonesia Harus Ikut Lestarikan Bumi'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Julkifli Marbun
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Jenderal (purn) Pramono Edhie Wibowo (tengah)
Foto: Antara Foto
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Jenderal (purn) Pramono Edhie Wibowo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo mengatakan, Indonesia harus terus menjadi pelopor usaha-usaha pelestarian dunia.

"Dengan akal dan tenaganya, manusia melakukan inovasi untuk bisa bertahan hidup sekaligus melestarikan keturunannya sejauh ini‎," kata Edhie memperingati Hari Bumi, Selasa, (22/4).

Sayangnya, ujar Edhie, bentuk inovasi manusia yang manfaatnya demi keberlangsungan hidup manusia kerap juga berdampak negatif terhadap manusia  dan lingkungan bumi. Dunia tengah menghadapi permasalahan akibat perubahan iklim, yang salah satu sebabnya adalah tingginya tingkat emisi.

Masalah-masalah lain yang dihadapi dunia saat ini, kata Edhie, termasuk masalah wabah penyakit, perusakan lingkungan, ketersediaan air bersih, pengelolaan sampah, dan penciptaan sumber energi terbaharukan.

"Manusia  dengan akal dan tenaganya mampu melakukan pelestarian Bumi. Saya juga mengapresiasi seluruh pihak yang sesuai dengan kompetensinya telah melakukan usaha-usaha pelestarian Bumi," kata Edhie.

"Usaha pelestarian Bumi adalah kerja kolektif manusia. Makanya Demokrat akan  terus mengusahakan kegiatan-kegiatan pelestarian bumi dan lingkungannya,"ujar Edhie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement