Selasa 22 Apr 2014 00:20 WIB

Penegakan Hukum Harus Dilakukan Atas Pelecehan Anak

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Muhammad Hafil
Sekolah Jakarta International School (JIS)
Foto: A.ANTARA FOTO/Reno Esnir/ss/ama/14.
Sekolah Jakarta International School (JIS)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PPP Okky Asokawati mengaku prihatin atas pelecehan seksual yang menimpa seorang anak didik di TK JIS.

"Kasus ini sungguh memprihatinkan. Penegakan hukum atas kasus ini  harus dilakukan dengan seadil-adilnya," kata Okky, Senin (21/4).

Namun, ujar Okky, harus ada  langkah antisipatif agar kejadian serupa tidak terulang pada waktu mendatang. Pertama harus ada  pendidikan kesehatan reproduksi terhadap anak.

"Pelajaran kesehatan reproduksi. terhadap anak bisa berisi pengenalan terkait alat reproduksi. Misalnya, mana anggota tubuh  yang boleh disentuh dan mana yang tidak," kata Okky.

Kalau ada orang yang menyentuh bagian terlarang, ujar Okky, anak harus  berteriak atau melarikan diri. "Saya kira, pelajaran. kesehatan reproduksi ini masuk dalam kurikulum," ujarnya.

Selain itu, kata Okky, juga harus mendorong anak-anak untuk bersikap ekspresif, terhadap apa yang dirasakan dan dialami agar tidak takut mendapat tekanan. Perlu ada mata pelajaran atau materi yang khusus memberi pemahaman kepada anak didik agar tahu mana yang otoriter pada tubuhnya sendiri. 

"Anak harus tahu hak tubuhnya. Pemahaman untuk berani menyatakan atau menceritakan pengalaman-pengalaman yang menakutkan kepada pribadi-pribadi signifikan dilingkungannya harus diajarkan,"ujar Okky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement