Selasa 15 Apr 2014 20:19 WIB

Ahli: Susu Formula Picu Alergi pada Bayi

Bayi dan susu formula
Foto: guardian.co.uk
Bayi dan susu formula

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli kesehatan, Zakiudin Munasir, mengatakan susu sapi termasuk susu formula dapat memicu alergi pada bayi karena kandungan proteinnya yang kompleks.

"Sistem pencernaan bayi terutama untuk enam bulan pertama belum tumbuh secara sempurnya sehingga belum bisa mencerna susu sapi yang kandungannya kompleks. Dengan kata lain, Air Susu Ibu (ASI) tetap yang diutamakan untuk diberikan kepada bayi dibanding susu sapi," kata peneliti "Health Economics" dari Unit Kesatuan Kerja Alergi-Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia itu di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa.

Menurut Zakiudin, sistem pencernaan pada bayi belum dapat mencerna dan menyerap nutrisi susu formula dengan baik. Terlebih susu formula bermaterikan protein kompleks yang belum dipecah proteinnya lewat proses laboratorium dan atau pabrik.

"Yang berhubungan dengan alergi bayi itu protein. Susu yang belum dipecah kandungannya akan diproses pencernaan bayi secara utuh. Padahal, pencernaan bayi belum siap dengan susu dengan kandungan kompleks."

Zakiudin sangat menyarankan bagi ibu untuk selalu memberikan ASI dibanding susu formula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement