Selasa 15 Apr 2014 12:51 WIB

Peternak Diberi Insentif Peningkatan Populasi

Usaha penggemukan sapi
Foto: Wordpress.com
Usaha penggemukan sapi

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGLEBONG -- Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, akan memberikan insentif untuk kalangan peternak guna mendukung program peningkatan populasi ternak pada 15 kecamatan di daerah itu.

"Insentif atau bantuan untuk peningkatan populasi ternak ini akan diberikan kepada pemilik ternak jenis sapi yang dalam keadaan bunting sebesar Rp1 juta dan Rp7 juta akan diberikan kepada kelompok peternak untuk program perluasan lahan penanaman pakan ternak," kata kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rejanglebong, Amrul Eby, di Rejanglebong, Selasa.

Bantuan peningkatan populasi ternak di daerah itu, kata dia, pembiayaannya berasal dari APBN 2014 dengan jumlah Rp360 juta yang dikucurkan melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Provinsi Bengkulu, dengan tujuan untuk menjaga populasi ternak terutama jenis sapi, terutama yang dalam kondisi bunting agar tidak dijual ke luar daerah atau dipotong.

Pihaknya saat ini tengah mendata jumlah ternak sapi betina yang dalam keadaan bunting pada 15 kecamatan di daerah itu, sehingga bisa dimasukan dalam program bantuan yang rencananya akan diberikan kepada 204 ekor sapi.

Untuk kalangan peternak yang memiliki sapi dalam keadaan bunting agar dapat segera mendatangi kantor Disnakan setempat sehingga bisa dimasukan dalam calon penerima bantuan.

Sebelumnya Kabid Peternakan Disnakan Rejanglebong, Hendra Yani mengatakan pada awal 2014 lalu daerah itu juga menerima bantuan untuk usaha peternakan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada dua kelompok peternak di Kecamatan Selupu Rejang, berupa 22 ekor sapi perah.

"Sapi perah bantuan dari pemerintah pusat ini diberikan kepada dua kelompok peternak di Kecamatan Selupu Rejang yang selama ini menjadi sentra produksi susu sapi, di mana masing-masing kelompok menerima 11 ekor sapi," katanya.

Kalangan peternak di daerah itu tambah dia, selain menerima bantuan sapi perah juga diterima oleh kelompok ternak di wilayah kecamatan lainnya berupa ternak sapi potong sebanyak 100 ekor yang dibagikan kepada kelompok peternak di Kecamatan Sindang Kelingi dan sebagian di Kecamatan Selupu Rejang.

Kemudian bantuan 60 ekor kambing diberikan kepada peternak di Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara. Selanjutnya bantuan itik sebanyak 350 ekor akan dibagikan kepada kelompok peternak di Desa talang Benih Kecamatan Curup dan bantuan ternak ayam kampung sebanyak 2.000 ekor diberikan kepada peternak di Kecamatan Curup Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement