Senin 14 Apr 2014 17:24 WIB

Namanya Masuk Soal UN, Jokowi Malah Sebut Pahlawan Nasional

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mencium bendera Merah Putih seusai diumumkan sebagai  Capres PDIP, di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara (14/3). (Antara/Heru)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mencium bendera Merah Putih seusai diumumkan sebagai Capres PDIP, di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara (14/3). (Antara/Heru)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengomentari soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMK, dan sederajat yang menyebut namanya. Di dalam soal ujian, ada sebuah soal cerita yang berisi biografi perjalanan hidupnya.

Jokowi mengatakan, soal cerita dalam ujian baiknya berisi perjalanan hidup pahlawan nasional. Hal itu lebih bermanfaat dari pada memuat biografinya.

"Sebenarnya lebih bagus yang berkaitan dengan pahlawan nasional. Misalnya pahlawan dari Aceh, Maluku, dan dari daerah lain. Saya kira lebih relevan. Sehingga jejak sejarah kita lebih tertangkap oleh anak-anak," ujarnya, Senin (14/4).

Capres PDI Perjuangan itu mengaku tidak tahu ada pertanyaan seperti itu. Jokowi pun menampik jika dikatakan soal cerita yang memuji-muji dirinya tersebut merupakan kampanye terselubung.

"Saya enggak tahu siapa yang buat. Tanya saja sama yang buat," ujarnya.

Sebelumnya, soal UN Bahasa Indonesia yang diujikan bagi siswa SMA, SMK, dan sederajat di Jawa Tengah memuat soal cerita yang berisi biografi Jokowi. 

Berikut pertanyaannya:

Soal

Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliah raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.

Pertanyaan

Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement