Ahad 13 Apr 2014 08:49 WIB

Pembangunan 'Skywalk' Habiskan Anggaran Rp 10 Miliar

Rep: mas alamil huda/ Red: Muhammad Hafil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau Braga Culinary Night Jl Braga Kota Bandung, Sabtu (8/2)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau Braga Culinary Night Jl Braga Kota Bandung, Sabtu (8/2)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung akan membangun jembatan untuk pejalan kaki (skywalk) yang membentang dari Jalan Tamansari ke Cihampelas. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan skywalk itu mencapai Rp 10 miliar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, anggaran pembangunan skywalk tersebut akan diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daeah (APBD). Proyek pengerjaan akan berada di bawah Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung. Dalam pembahasan proyek tersebut, pemkot menggandeng Pusat Studi Jalan dan Jembatan ITB.

"Itu tahap pertama pembangunan. Realisasi proyek tersebut akan dimulai tahun ini juga," katanya di Balai Kota, Jumat (11/4).

Dikatakan Emil, sapaan akrabnya, banyaknya simpang jalan di Kota Bandung mengakibatkan kemacetan sulit dihindari. Adanya skywalk diharapkan bisa menarik minat masyarakat, baik warga Kota Bandung atau wisatawan yang datang ke Bandung untuk mau berjalan kaki. Skywalk  juga diklaim mampu mengurangi kemacetan Kota Bandung di titik-titik tertentu.

Emil mengatakan, ide pembangunan skywalk mengadopsi dari beberapa negara. Dia terinspirasi dan bermimpi Kota Bandung menjadi seperti beberapa kota di negara-negara tersebut. Mobilitas warganya lebih banyak dihabiskan dengan berjalan kaki tanpa harus menggunakan kendaraan bermotor.

"Nanti Kota Bandung harus seperti kota-kota di Cina, Hongkong dan negara-negara lain," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement