Sabtu 12 Apr 2014 20:40 WIB

UN di Semarang Dibagi 9 Subrayon

Polisi Ikut Mengawal Distribusi Soal UN
Foto: Republika/Aditya
Polisi Ikut Mengawal Distribusi Soal UN

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Kota Semarang dibagi koordinasinya dalam sembilan panitia tingkat subrayon. "Panitia subrayon UN SMA dan sederajat ada sembilan unit, terdiri atas lima panitia untuk SMA dan empat panitia untuk SMK," kata Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang Sutarto di Semarang, Sabtu.

Untuk SMA, ia menyebutkan koordinator subrayon I dipegang SMA Negeri 1, subrayon II SMA Negeri 3, subrayon III SMA Negeri 6, subrayon IV SMA Negeri 2, sementara subrayon V dipegang MAN 1 Semarang. Untuk SMK, kata dia, SMK Neger 1 menjadi koordinator subrayon I, SMK Negeri 4 menjadi koordinator subrayon II, SMK Negeri 6 pada subrayon III, serta SMK Pelita Nusantara 1 Semarang pada subrayon IV.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang itu, naskah soal UN akan disimpan di tingkat subrayon selama pelaksanaannya sehingga menjadi pihak terakhir penyimpan soal UN. Jadi, kata dia, perwakilan setiap sekolah akan mengambil naskah soal UN ke panitia subrayon setiap hari sebelum pelaksanaan UN, sesuai dengan kebutuhan, yakni jumlah siswa yang menjadi peserta.

"Setiap pagi, pihak sekolah akan mengambil soal ke panitia subrayon. Itu dilakukan setiap hari secara rutin selama pelaksanaan UN. Setelah selesai, lembar jawab UN juga dikirimkan ke panitia subrayon," katanya.

Setelah itu, kata dia, panitia subrayon yang akan mengirimkan lembar jawab UN ke panitia kabupaten/kota, sebelum dilanjutkan pengirimannya ke Universitas Negeri Semarang selaku pihak pemindai. "Pada Sabtu ini. Naskah soal UN sudah didistribusikan dari panitia provinsi ke kabupaten/kota. Sudah kami terima, sekarang panitia subrayon kami undang ke sini untuk melakukan pengecekan," katanya.

Proses pengecekan oleh panitia subrayon, kata dia, dimaksudkan untuk mengantisipasi jika ada kekurangan naskah soal UN, sebab Minggu (13/4) proses distribusi soal akan dilanjutkan ke tingkat subrayon. "Kami undang panitia subrayon untuk mengecek jumlah soal yang dibutuhkan. Apakah sesuai dengan kebutuhan? Mereka (panitia subrayon, red.) akan mencocokkan dengan jumlah peserta UN," kata Sutarto.

Berdasarkan data Disdik Kota Semarang, peserta UN SMA dan sederajat 2014 berjumlah 23.168 siswa, terdiri atas 11.210 siswa SMA dan MA, sebanyak 11.950 siswa SMK, serta delapan siswa SMA luar biasa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement