Senin 07 Apr 2014 18:50 WIB

Pengawasan UN SMA/SMK di DIY Libatkan 700 Dosen

Rep: Yulianingsih Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pengawasan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK di DI Yogyakarta (DIY) akan melibatkan 700 dosen dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di DIY. 

Ketiga PTN itu adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

700 dosen yang akan menjadi pengawas UN di DIY ini dikumpulkan untuk koordinasi pengawasan di UNY, Senin (7/4).

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Informasi UNY Sukirjo mengatakan, UNY telah ditunjuk Badan Standarisasi Nasional Perguruan Tinggi (BSNP) untuk menjadi koordinator pengawas tersebut. "Perguruan tinggi tidak berperan dalam pelaksanaan UN, namun berperan dalam pengawasan ujian itu untuk tingkat SMA/SMK atau paket C," katanya.

Menurutnya, pada 2013 lalu pencetakan soal UN dipusatkan di Jakarta. Namun tahun ini pencetakan soal di lakukan secara regioonal.

Dalam pelaksanaan pengawasan UN tahun ini kata dia, UNY bekerjasama dengan Disdikpora DIY, Kanwil Kemenag DIY, UGM, UIN Sunan Kalijaga dan LPMP DIY. Agar pelaksanaan pengawasan ujian nasional sesuai dengan prosedur operasional standar yang ditetapkan BSNP, sekretariat pengawasan ujian nasional DIY menyusun prosedur operasional standar pengawasan dan lembar kerja pengawasan.

Selain itu juga dibentuk struktur organisasi pengawasan mulai dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat satuan pendidikan.  "Ini agar pengawasan bisa terpadu dan terstruktur dengan baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement