Senin 07 Apr 2014 14:24 WIB

Alhamdulillah, 25 Persen Pemondokan Haji Setara Hotel Bintang Tiga

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
pemondokan haji di Sektor I wilayah Mahbas Jin Daerah Kerja Makkah
Foto: Heri Ruslan/Republika
pemondokan haji di Sektor I wilayah Mahbas Jin Daerah Kerja Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Agama (Kemenag) menjanjikan tahun ini kualitas pemondokan haji jauh lebih baik dari tahun lalu, dimana 25 persen kualitas pemondokan setara dengan hotel bintang tiga.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan pembahasan pemondokan haji 2014. Saat ini, kata dia, tinggal melakukan kontrak untuk pemondokan tersebut.

Anggito mengungkapkan dari pembahasan, pemondokan haji tahun ini dipastikan lebih bagus dari tahun lalu. Tapi, kata dia, kemungkinan rata-rata jaraknya bisa lebih jauh karena masih proses pembongkaran di sekitar Masjidil Haram. "Dipastikan diatas 25 persen setara hotel bintang tiga," ujar Anggito kepada Republika, Senin (7/4).

Ia mengungkapkan rata-rata 25 persen pemondokan setara bintang tiga tersebut agak jauh, berjarak lebih dari 2 kilometer. Tapi ia menegaskan pada 2014 ini tidak ada pemondokan haji yang jaraknya melebihi lebih dari 4 kilometer. "Kita juga berusaha sebagian pemondokan dibawah 2 kilometer setara bintang tiga," kata dia.

Biaya yang dikeluarkan untuk pemondokan haji setara bintang tiga ini, dipastikan dia juga tetap lebih murah. Rata-rata harga pemondokan haji setara bintang tiga tersebut, kata dia, lebih rendah 200 riyal Saudi lebih murah dari tahun lalu. Ia memastikan untuk total biaya pemondokan tahun ini lebih hemat.

Sebelumnya Kemenag juga telah mengumumkan lokasi pemondokan jamaah haji di Makkah, Arab Saudi. Pemondokan tahun ini tersebar di radius 750 meter dan terjauh hingga 3.930 meter atau hampir 4 kilometer dari Masjidil Haram. Tahun ini Kemenag menyiapkan pemondokan dengan kapasitas total 120 ribu jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement