Rabu 02 Apr 2014 18:52 WIB

Jokowi Yakin dengan Metro Kapsul

Contoh kereta kapsul
Foto: bacatransportasi.com
Contoh kereta kapsul

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku yakin dengan proyek Metro Kapsul."Kalau tadi diterangkan, ya saya kira ini meyakinkan sekali," kata Jokowi usai meninjau pabrik Metro Kapsul di Desa Buni Hayu, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (2/4).

Usai menyimak presentasi dan melihat langsung prototype Metro Kapsul, Jokowi mengaku yakin dengan proyek ini. Meski demikian, dia belum bisa menentukan apakah Pemerintah Provinsi akan bekerja sama atau tidak dengan PT Perkakas Rekadaya Nusantara, selaku perusahaan induk dari Konsorsium Kereta Kapsul Indonesia.

Dia sangat tertarik dengan proyek ini karena produk Metro Kapsul seratus persen buatan lokal. Selain itu, empat perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Kereta Kapsul Indonesia, semuanya adalah perusahaan yang sudah berpengalaman membuat komponen otomotif. Sehingga, Jokowi mengaku tak ragu.

Hanya saja, kata dia, perlu dibuat binis plan lagi. Apakah proyek ini bisa berjalan di Jakarta atau tidak.

Jokowi juga mengatakan, secara hitungan kasar saja, nilai investasi Metro Kapsul jauh lebih murah jika dibandingkan dengan MRT dan Monorel. Metro Kapsul, membutuhkan biaya Rp 114 miliar per kilometer. Sementara biaya pembangunan MRT Rp 900 miliar per kilometer. Adapun monorel memerlukan dana Rp 400 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement