Rabu 02 Apr 2014 21:40 WIB

Pembatasan Truk pada Jam Sibuk Tak Efektif Lagi

Sejumlah truk terjebak macet. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Seno
Sejumlah truk terjebak macet. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN—Warga Ungaran, Kabupaten Semarang kembali mengeluhkan kemacetan arus lalulintas yang  jamak terjadi pada jam- jam sibuk.

 

Mereka mendesak aparat Polres Semarang kembali melakukan pembatasan jam operasional truk angkutan barang, yang dituding menjadi pemicu kemacetan. “Pada jam- jam berangkat kerja atau pulang kerja, truk ini harus dibatasi,” ungkap Yudha (38), warga Beji, Kecamatan Ungaran Timur, Rabu (2/4).

 

Menurutnya, warga yang setiap hari harus mengakses ruas jalan utama Semarang- Bawen selalu dihadapkan pada persoalan kemacetan lalulintas yang tak berakhir.

 

Setelah beberapa waktu lalu, kemacetan dan antrean panjang jamak terjadi akibat proyek peningkatan kualitas jalan, di ruas ini. Setelah proyek jalan di kawasan Ungaran rampung, ternyata kondisi jalan utama ini masih saja mengalami kemacetan.

 

Kemacetan lalulintas pada jam sibuk terutama pada pagi hari disebabkan karena masih beroperasinya kendaraan besar seperti truk angkutan berat.

 

Truk bermuatan berat yang tidak dapat berjalan cepat, menyebabkan antrian kendaraan. “Warga berharap Satlantas Polres Semarang mengatur jam operasional truk yang bermuatan berat,” tegasnya.

 

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Suwarsi mengatakan, kebijakan jam operasional truk pengangkut muatan berat terutama truk pasir masih berlaku hingga saat ini.

Aturan tersebut masih diberlakukan untuk mencegah kecelakaan lalulintas dan kemacetan panjang pada jam-jam sibuk. “Bukan petugas yang longgar atau tidak diawasi lagi. Aturan pembatasan jam operasional truk ini masih berlaku,” jelasnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement