Senin 24 Mar 2014 19:20 WIB

DKI Bangun Bus Layang, Bener Nih?

Petugas memeriksa Bus TransJakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) baru di Pool TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (10/2).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Petugas memeriksa Bus TransJakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) baru di Pool TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (10/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera memulai pembangunan tiga koridor busway Transjakarta layang atau elevated busway pada tahun ini.

"Pembangunan tiga koridor busway layang kita mulai tahun ini. Tapi, harus dilakukan lelang dulu. Proses lelangnya akan segera kita mulai," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (24/3).

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala kebutuhan pelaksanaan lelang, dan diharapkan lelang tersebut dapat dilakukan pada bulan ini. "Sementara itu, untuk pengadaan bus Transjakarta akan dilakukan melalui katalog elektronik atau e-catalog. Dengan harapan, tidak ada lagi kecurangan dalam pengadaan bus," ujar Jokowi.

Dia menerangkan pembangunan ketiga koridor tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, tiga koridor layang itu dibangun untuk menambah ruas jalan di wilayah ibukota. "Ini bagian yang sulit, tapi tetap harus dilaksanakan. Kita juga masih terus membahas apakah jalan layang itu nantinya bisa dilewati kendaraan lain atau khusus bus Transjakarta saja," terang Jokowi.

Dia mengungkapkan rute untuk ketiga koridor busway layang yang akan dibangun itu terdiri dari rute Ciledug-Blok M, rute Kalimalang-Blok M dan rute Depok-Manggarai. "Untuk rutenya, sampai dengan saat ini tidak ada perubahan. Kita tetap mengacu pada panduan rencana makro transportasi umum Kota Jakarta," ungkap Jokowi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement