Senin 24 Mar 2014 16:17 WIB

Bandung Lautan Api Diusulkan Jadi Peristiwa Nasional

Rep: C30/ Red: Hazliansyah
 Sambutan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada acara 'Muhasabah dan Expo Akhir Tahun' Republika Jawa Barat, di Gedung Bale Asri Masjid Pusdai, Bandung, Selasa (31/12).  (Republika/Edi Yusuf)
Sambutan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada acara 'Muhasabah dan Expo Akhir Tahun' Republika Jawa Barat, di Gedung Bale Asri Masjid Pusdai, Bandung, Selasa (31/12). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung akan mengajukan permohonan agar peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) diperingati secara nasional. Layaknya Hari Pahlawan 10 November, BLA ditargetkan akan menjadi peristiwa nasional tahun ini.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengakui, ia banyak mendapat aspirasi dari masyarakat Kota Bandung untuk menjadikan tanggal 24 Maret menjadi peristiwa dan hari nasional.

"Kita akan mendorongnya ke pemerintah pusat," kata dia kemarin.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, untuk mencapai itu semua perlu kajian mendalam dan informasi sejarah yang lengkap dari berbagai pihak. Dokumen yang dikumpulkan atas peristiwa bersejarah tersebut nantinya akan diajukan ke pemerintah pusat sebagai bukti permohonan.

"Dari para sejarawan seperti Professor Nina Lubis dan lain-lain. Akan segera kita lakukan hal itu," ujarnya.

Emil menambahkan, peristiwa BLA merupakan pengorbanan luar biasa yang pernah dilakukan warga Kota Bandung demi tanah airnya. Warga rela membakar harta bendanya demi mempertahankan daerahnya dari penjajah.

Menurutnya, hal itu harus dimaknai secara substantif dalam keadaan hari ini.

"Kita harus rela atau memberikan partisipasi dalam membangun Kota Bandung, minimal taat dengan aturan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement