Ahad 23 Mar 2014 21:11 WIB

Indramayu Targetkan Lima Besar MTQ Jabar

Rep: Agus Yulianto/ Red: Maman Sudiaman
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).
Foto: kemenag.go.id
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU –- Kafilah Kabupaten Indramayu menargetkan masuk kedalam posisi lima besar pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXXIII tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Kabupaten Kuningan.

Menurut Ketua LPTQ Kabupaten Indramayu H. Wahidin, kekuatan kafilah Kabupaten Indramayu berjumlah sebanyak 71 orang. Mereka terdiri dari pria 50 orang dan wanita 21 orang yang merupakan peserta 33 orang, panitia 25 orang dan pelatih delapan orang. MTQ diselenggarakan selama tujuh hari mulai tanggal 24-29 Maret 2014. Pelaksanaan

MTQ bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan umat islam terhadap Alquran mulai dari membaca, memahami, menghapal, mensyarah, menafsirkan hingga mengaktualisasikan nilai-nilai luhur isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari cabang yang dilombakan pada MTQ ini kami telah menyelenggarakan pembinaan peserta secara intensif dengan dewan hakim MTQ Provinsi Jawa Barat baik di dalam kota maupun diluar kota Indramayu,” kata Wahidin sesaat sebelum melepas peserta MTQ Indramayu  di Pendopo Aria Wiralodra, Ahad (23/3).

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu H Supendi mengatakan, target masuk kedalam posisi lima besar merupakan target yang realistis sebab Kabupaten Indramayu memiliki segudang kafilah yang sarat prestasi. Guna merangsang prestasi agar lebih optimal, Bupati Indramayu telah menyiapkan penghargaan khusus terutama bagi yang menjadi terbaik di cabang masing-masing.

“MTQ jangan diartikan sebagai perlombaan yang muaranya kalah atau menang, tetapi harus dimaknai sebagai media untuk melakukan evaluasi, sejauhmana kualitas kedekatan antara perilaku kehidupan kita dengan nilai-nilai moral yang menjadi pesan utama Alquran," kata wakil bupati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement