Jumat 21 Mar 2014 00:11 WIB

Perambah Hutan Rusak Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Julkifli Marbun
Perambahan hutan
Perambahan hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan,  para perambah hutan menebang hutan dan membakar bekas hutan untuk dijadikan lahan perkebunan. Perambah yang bukan masyarakat setempat mengaku tidak mengetahui lahan yang dirambah merupakan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Bukit Batu, Kamis, (20/3).

Menurut pengakuan mereka, ujar Sutopo, mereka  hanya mengerjakan lahan sekitar 16 ha dan baru tanam sawit di lahan seluas 5 ha. Mereka membuka hutan karena hanya ingin bertani.

Namun, kata Sutopo,  Tim Khusus Satgas Darat menemukan 39 kamp yang digunakan para perambah hutan dengan gelondongan potongan kayu yang beratnya ratusan ton." Tim ini terus bergerak untuk mendapatkan lebih banyak perambah karena temuan ratusan ton potongan kayu ini siap dikirim melalui kano-kano kecil,"katanya.

Kepolisian Riau, terang Sutopo, telah menerima 46 laporan dengan penambahan tersangka 75 orang, termasuk satu korporasi.  Pihak Kemhut dan KLH turut membantu Kepolisian setempat dengan mendatangkan 21 PPNS LH dan tim ahli kehutanan sebagai saksi ahli.

sumber : a
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement