Selasa 18 Mar 2014 15:41 WIB

Mendagri: Pemerintahan Jalan Meski Kepala Daerah Kampanye

Rep: Esthi Maharani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mendagri Gamawan Fauzi
Foto: Antara
Mendagri Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menyakini pemerintahan tetap berjalan meskipun banyak kepala daerah yang mengajukan cuti kampanye. Untuk hari ini saja, tercatat ada 24 gubernur dan 13 wakil gubernur yang mengajukan izin. Itu belum terhitung dengan para bupati yang izinnya diberikan oleh gubernur.

"Sejauh ini belum ada masalah," katanya di kantor wakil presiden, Selasa (18/3).

Ia mengatakan pemerintahan masih berjalan seperti biasa dan normal. Sejumlah kegiatan pemerintahan pun tidak terpengaruh dengan agenda-agenda para kepala daerah ataupun menteri yang sibuk berkampanye.

"Kita masih rapat, masih menangani hal-hal yang penting. Jalan semua. Apalagi saya nggak ikut kampanye kemana-mana," katanya sambil tertawa.

Menurutnya, roda pemerintahan masih berjalan tak lain karena jadwal izin cuti kampanye para kepala daerah bergantian dengan para wakilnya. Jika gubernur sedang kampanye, maka wakil gubernur harus menjalankan pemerintahan.

"Kan harus gantian. Tidak boleh sekaligus. Gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati itu tidak boleh sama harinya (kampanye) sehingga pimpinan pemda tetap harus ada," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement