Selasa 18 Mar 2014 10:43 WIB

Putut Eko Bayuseno Dilantik

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Dewi Mardiani
Inspektur Jendral Polisi Putut Eko Bayuseno
Inspektur Jendral Polisi Putut Eko Bayuseno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komjen Polisi Putut Eko Bayuseno hari ini Selasa (18/3) dilantik sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) baru. Pelantikan ini juga sekaligus menandakan penambahan bintang di pundak Putut dari dua (Irjen) menjadi tiga (Komjen).

 

Putut mengisi jabatan Kabaharkam yang kosong ditinggal Komjen Badrodin Haiti. Badrodin kini duduk sebagai Wakapolri. Melalui STR/539/III/2014 tertanggal 7 Maret 2014 Nomor KEP/162/III/2014 tanggal 7 Maret 2014, Putut sejak pekan lalu sebenarnya sudah dinyatakan naik menjadi Kabaharkam. Namun, proses pelantikan sempat tertunda karena Polri masih sibuk mempersiapkan pengamanan jelang masa kampanye Pemilu 16 Maret.

 

Putut merupakan Perwira Tinggi (Pati) yang  berpengalaman di bidang lalu lintas (Lantas). Jabatan terakhir putut adalah Kapolda Metro Jaya yang sudah dia emban sejak 2012 silam.

 

Lulusan Akpol 1984 ini telah melanglangbuana di pulau Jawa untuk memimpin berbagai Polda. Selain DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat juga pernah ia komandani. Sebelumnya, Putut juga pernah menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lima tahun lamanya sejak 2004-2009.

 

Usai menjalani tugas keajudanan presiden, karir Putut langsung melejit diawali dengan menjabat Wakapolda Metro Jaya untuk kemudian pindah ke Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta hingga akhirnya kini dipercaya Kapolri Jenderal Sutarman untuk mengisi pos Kabaharkam.

 

Dengan usianya yang masih 52 tahun, Putut digadang-gadang dapat terus berkarir hingga duduk sebagai Kapolri. Pasalnya, usia pensiun polisi adalah 58 tahun, artinya masih ada waktu enam tahun bagi dia untuk mengabdi kepada bangsa melalui Korps Bhayangkara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement