Rabu 12 Mar 2014 23:47 WIB

DPRD Kaltim: Pasar Tradisional Harus Dipertahankan

Pasar tradisional.
Foto: Republika/Prayogi
Pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA-- Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Abdurrahman Alhasni mengatakan eksistensi pasar tradisional harus tetap dipertahankan.

"Untuk mempertahankan eksistensi pasar tradisional itu harus ada penataan dari pemerintah. Program itu tentu saja akan masuk prioritas utama dan akan didukung DPRD Kaltim," katanya di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan, kondisi pasar tradisional harus mendapat perhatian bersama, bukan hanya oleh satu instansi saja. Wajib hukumnya bagi pemerintah kota maupun provinsi untuk dapat membantu mempertahankan pasar tradisional.

"Fungsinya adalah menyeimbangkan perekonomian di segmen menengah ke bawah. Selama ini kami juga telah menyetujui anggaran untuk meningkatkan prasarana penunjang pasar tradisional," katanya.

Menurut Abdurrahman, pemerintah harus terus berupaya agar sarana dan prasarana pasar semakin baik, sehingga warga merasa nyaman berbelanja. Ia mengatakan, demi mempertahankan pasar tradisional dari serbuan pasar modern, pemerintah seharusnya mengkaji kembali permohonan izin pendirian pasar modern atau agar para pedagang di pasar tradisional tidak merasa dirugikan.

"Perlu dibuat aturan tentang tata cara perdagangan dengan memperhatikan kondisi ekonomi di semua level agar masyarakat menengah ke bawah tidak merasa dirugikan oleh aturan tersebut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement