Rabu 12 Mar 2014 12:39 WIB

12 Parpol 'Geruduk' Polda Metro Jaya, Ada Apa?

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Bilal Ramadhan
Parpol peserta Pemilu 2014.   (ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Parpol peserta Pemilu 2014. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI-- 12 parta politik mendatangi Polda Metro Jaya pada Rabu (12/3) untuk mendeklarasikan pemilu damai 2014. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk menyiptakan pemilu yang kondusif.

''Ini komitmen bersama,'' kata dia, Rabu (12/3).

Rikwanto mengatakan, nantinya perwakilan partai politik akan membacakan deklarasi ini bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno sekaligus penandatanganannya. Deklarasi ini sebagai wujud meredam kericuhan ketika pemilu 2014 berlangsung dan pelanggaran selama pemilu seperti kampanye gelap yang menjatuhkan lawan politiknya.

sebanyak 12 partai politik tersebut mengadakan pertemuan di Balai Pertemuan Metro Jaya yang terdiri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tidak hanya itu, sejumlah lembaga seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), hadir dalam acara ini. Nantinya, sekitar 19 ribu personel akan diturunkan oleh Polda Metro Jaya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Polda Metro Jaya juga sudah melakukan simulasi pemilu salah satunya di depan Gedung Bawaslu pada Februari 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement