Selasa 11 Mar 2014 19:58 WIB

Panitia SNMPTN 2014: Tak Ada Maksud Lakukan Diskriminasi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Didi Purwadi
Ujian SNMPTN  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian SNMPTN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kelompok Kerja Panitia Nasional SNMPTN 2014, Bambang Hermanto, mengatakan pihaknya tidak pernah bermaksud melakukan diskriminasi dalam membuat syarat-syarat SNMPTN 2014.

Namun, panitia SNMPTN menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas tanggapan, kritik, koreksi dan harapan yang disampaikan oleh pihak-pihak yang menilai syarat-syarat SNMPTN diskriminatif.

"Tidak ada maksud melakukan diskriminasi melalui penerapan sejumlah syarat  yang ditetapkan oleh masing-masing PTN untuk dapat memasuki berbagai program studi yang ditawarkan, termasuk syarat bebas dari ketunaan. Sebab, jurusan-jurusan tertentu memang membutuhkan kelengkapan," kata Bambang, Selasa, (11/3).

Penetapan syarat, terang Bambang, lebih dimaksudkan sebagai upaya menjamin keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan pada program studi yang diminatinya. Faktanya saat ini, banyak mahasiswa dengan berbagai keterbatasan dijumpai di PTN dan meraih prestasi baik.

Ini, ujar Bambang, berarti mahasiswa yang memiliki keterbatasan juga bisa masuk di PTN di jurusan lain yang tidak membutuhkan syarat tertentu. Jadi, tidak ada diskriminasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement