Kamis 06 Mar 2014 18:05 WIB

Iran-RI Kerja Sama Perangi Ekstremisme

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Didi Purwadi
Menlu Iran, Muhammad Javad Zarif.
Foto: theiranproject.com
Menlu Iran, Muhammad Javad Zarif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iran dan Indonesia meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, Kamis (6/3) ini mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Dalam kunjungan resminya ini, Zarif menilai Indonesia sebagai saudara yang saling mendukung dan berperan aktif dalam forum regional maupun internasional seperti OKI, D-8, GNB, ASEAN, dan PBB. Kedua negara ini bertemu untuk membahas upayanya dalam memerangi ekstremisme.

“Iran dan Indonesia membahas upaya dalam memerangi ekstremisme, mempromosikan sikap-sikap yang moderat terutama kedua negara yang mampu menampilkan antara demokrasi dan Islam dan modernisasi sehingga dapat saling berjalan bersama,” kata Marty yang didampingi oleh Zarif di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (6/3).

Iran juga menganggap Indonesia sebagai mitra strategisnya dalam penyelesaian konflik-konflik di kawasan, khususnya konflik Suriah dan Palestina.

Tak hanya itu, Iran dan Indonesia yang sama-sama memiliki mayoritas penduduk beragama Islam ini juga bersepakat untuk meningkatkan hubungannya dalam bidang perdagangan dan investasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement