Kamis 06 Mar 2014 14:58 WIB

Jokowi Bangun Tiga Waduk Baru

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Jokowi
Foto: Republika/Prayogi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pagi ini meninjau pembangunan waduk di RT 02 RW 01 Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (6/3). Di lokasi ini ada tiga waduk baru yang sedang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

Saat Jokowi tiba di lokasi, terlihat ada tujuh eskavator yang sedang bekerja mengeruk tanah. Jokowi mengatakan, tiga waduk yang dibangun masing-masing memiliki luas 11,5 hektare, lima hektare, dan tiga hektare. Ketiga waduk yang akan memiliki kedalaman enam meter tersebut, kata dia, dapat menampung 550 ribu kubik air.

"Ini sudah dimulai sejak pekan lalu dan ditargetkan selesai enam bulan lagi," kata mantan Wali Kota Solo tersebut.

Menurut Jokowi, waduk di lokasi ini akan menampung aliran air dari Kali Sunter. Dengan demikian, kehadiran tiga waduk Cipayung ini dapat mengurangi banjir di daerah sepanjang Kali Sunter, seperti daerah Cipinang dan Kelapa Gading.

"Nanti di pinggir waduk mau dibangun taman dan jogging track. Karena masyarakat kita kan kekurangan tempat rekreasi gratis," ujar dia.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudy Siahaan mengatakan, Waduk Cipayung merupakan bagian dari sembilan waduk baru yang akan dibangun Pemprov DKI tahun ini. Lahan waduk ini, kata dia, dulunya merupakan lahan milik warga yang sudah dibeli oleh Pemprov DKI dengan harga sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement