Kamis 06 Mar 2014 06:00 WIB

Dino: Rel KA Hanya Melimpah di Jawa

Dino Patti Djalal
Foto: Republika- Prayogi
Dino Patti Djalal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menyampaikan rasa prihatinnya atas keberadaan rel kereta api yang hanya melimpah di Pulau Jawa, sedangkan di pulau-pulau lain hampir tidak ada.

"Infrastruktur kita memang masih rendah, keberadaan rel kereta api misalnya hanya melimpah di Pulau Jawa saja, sedangkan di pulau-pulau lain tidak ada," kata Dino dalam Debat Bernegara antara 11 peserta Konvensi Calon Presiden di Partai Demokrat di Makassar, Rabu (5/3) malam.

Dino, yang juga merupakan salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat mengatakan bahwa di pulau-pulau lain yang wilayahnya besar dan membutuhkan ketersediaan moda kereta api tidak memiliki dukungan infrastruktur.

"Di Sumatra ada sedikit, tetapi tidak ada rel kereta trans-Sumatera. Sementara di Sulawesi, Kalimantan, Papua dan pulau-pulau lain tidak ada sama sekali," katanya.

Redistribusi pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, kata Dino, selama sedikitnya 10 tahun terakhir memang terhambat utamanya karena faktor anggaran.

Oleh karena itu ia menawarkan agar pemerintahan lebih banyak menempuh model kerja sama pembiayaan swasta-pemerintah atau "public-government cooperation".

"Tantangan anggaran infrastruktur bisa diatasi salah satunya dengan memanfaatkan dana swasta lewat 'public-government cooperation'," ujarnya.

Ia mencontohkan untuk potensi panas bumi di Indonesia yang sangat besar, namun belum termanfaatkan dengan baik karena investor sulit masuk. Dino menilai seharusnya peraturan dan pembukaan investasi dapat lebih dipermudah.

"Itu mewakili dimensi lain dari persoalan redistribusi, selain anggaran adalah soal semangat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement