Senin 03 Mar 2014 19:13 WIB

Permata Ini Segera Dimiliki Warga Jakarta

Rep: C61/ Red: Indira Rezkisari
Perpustakaan keliling (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Perpustakaan keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PULO GADUNG -- Truk trailer bercorak putih-biru itu rencananya akan disulap menjadi sebuah rumah buku. Di dalamnya terdapat rak buku dan beberapa komputer yang terkoneksi internet. Kemudian dinding truk akan dilengkapi LCD berukuran sekitar 4 m  kali 3 m.

Nanti, truk tersebut dinamakan Permata atau Perpustakaan Masyarakat Jakarta.

Untuk mewujudkannya beberapa pegawai Perpustakaan DKI Jakarta, sibuk menggelar latihan pengoperasian Permata, Senin (3/3). Permata sedianya beroperasi di pusat keramaian seperti di tempat-tempat wisata.

Rumah buku berjalan tersebut berbeda dengan pendahulunya, yaitu Perpustakaan Keliling. Perbedaannya di ukurannya yang 10 kali lipat lebih besar. Dan, tentunya fasilitas di dalamnya yang lebih lengkap dan canggih.

Truk besar tersebut sudah dilengkapi dengan Radio Frekuensiuency Identification (RFID). Kegunaannya untuk mengirimkan data dari piranti portable. Data yang dipancarkan dan dikirimkan tadi bisa berisi beragam informasi mengenai buku.

Menurut Kasubid Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), Eko Mardirianto, Permata diharapkan mampu menciptakan budaya membaca masyarakat Jakarta. “Orang Indonesia itu lebih suka ngomong daripada membaca,” ucap dia.

Rencananya BPAD akan segera meluncurkan Permata secepatanya. Namun, tempat dan tanggalnya belum dipastikan, karena masih harus dirapatkan lagi.

Saat ini ada dua unit Permata dan akan ditambah lagi, jika diperlukan. Adapun sistem kerjanya menurut pria asal Solo itu, yaitu temporary dan stationary.  Semua masyarakat Jakarta bisa mendaftar keanggotaan di tempat, tanpa dipungut biaya. Warga non-KTP Jakarta juga bisa mendaftar asal aktivitasnya di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement