Sabtu 01 Mar 2014 11:54 WIB

Hujan di Riau Pengaruhi Cuaca di Sumbar

 Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2).   (Antara/Lanud Roesmin Nurjadin)
Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2). (Antara/Lanud Roesmin Nurjadin)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (sumbar) menyatakan jika hujan turun di Provinsi Riau akan berpengaruh pada keadaan cuaca di Sumbar.

"Jika hujan turun di Riau maka akan mengurangi kabut asap di Sumbar," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketapiang, Budi Samiaji di Padangpariaman, Sabtu (1/3).

Ia menyebutkan sangat mendukung rencana hujan buatan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau karena akan berpengaruh baik bagi cuaca di Sumbar.

Sebaliknya sekalipun hujan turun di Sumbar tidak akan terlalu berpengaruh pada keadaan cuaca karena intinya berada di Riau yang mengirim asap ke daerah lain.

"Selagi hujan belum turun di Riau, maka jarak pandang di Sumbar, dan Kota Padang khususnya belum akan mengalami perubahan berarti," katanya.

Ia memprediksi jika tidak turun hujan di Riau, maka jarak pandang akan tetap bergerak pada angka 1.000 hingga 800 meter.

Ia mengungkapkan potensi hujan di Sumbar untuk saat ini sangat kecil, hujan kemungkinan akan turun pada daerah pesisir Sumbar pada sore, dan malam hari.

Sedangkan jarak pandang untuk Kota Padang pada Sabtu (1/3) berada pada angka 900 hingga 800 meter.

Ia mengatakan angka tersebut berkisar sama dengan jarak pandang yang berada di daerah lain di Sumbar, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pada bagian lain, kabut asap yang menyelimuti Kota Padang sejak pertengahan Februari 2014 telah berdampak pada masyarakat.

Salah seorang warga kota Padang, Indra (40) mengatakan masyarakat mulai menggunakan masker untuk mencegah gangguan pada kesehatan khususnya pernafasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement